JAMU SERI PEMIKAT

JAMU SERI PEMIKAT
Untuk order, whatsapp Ika 012-2604959

Tuesday, February 9, 2010

Apa Itu Detoksifikasi?

Apa yang dimaksud detoks? Perlukah kita melakukan proses detoksifikasi? Proses proses apa yang termasuk di dalamnya?. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, mari moms simak rangkuman artikel yang salah satu mom di wrm-indonesia kirimkan beserta diskusi yang menyertainya. Selamat menyimak!.

Apa sih detoks?

Menurut Andang Gunawan, ahli terapi gizi lulusan Queensland Institute of Natural Science, AS, detoks atau detoksifikasi tidak lain adalah tindakan membuang kelebihan sampah dan racun yang telah terkumpul dalam tubuh.

Bukankah proses pembuangan telah dilakukan oleh tubuh secara natural?

Ya, tubuh manusia setiap hari telah melakukan proses detoks, yaitu melalui proses pembuangan seperti buang besar, air kecil atau keringat. Namun, detoksifikasi secara rutin tetap diperlukan. Karena jika sistem pembuangan tubuh terganggu, maka ampas yang tertinggal dalam usus menumpuk menjadi kerak yang bisa menjadi racun. Racun ini terserap melalui pori-pori usus masuk ke pembuluh darah, dan beredar kemana-mana.

Kapan sebaiknya dilakukan detoksifikasi?

Andang menganjurkan agar detoksifikasi dilakukan secara periodik sehingga racun dalam tubuh pun tidak menumpuk dan berkembang menjadi penyakit yang parah.

Dapatkah diberikan beberapa contoh cara detoksifikasi alami?

Beberapa cara detoksifikasi alami yang dapat menjadi pilihan adalah:
- detoksifikasi air
- pembersihan usus besar
- detoksifikasi herbal
- pembersihan kulit

Apa yang dimaksud metode detoksifikasi dengan air?

Detoksifikasi dengan air, seperti namanya, adalah proses detoks yang dilakukan dengan media air. Dr. Carmen Yahya, dokter olahraga dari KONI Pusat, menganjurkan agar setiap orang mengkonsumsi setidaknya 1,5 liter atau bahkan lebih tiap hari. Hal tersebut perlu dilakukan Terutama untuk yang memiliki pola makan buruk dan tidak seimbang, kelebihan berat badan serta memiliki beban rutinitas fisik dan pikiran tinggi. Terapi cara ini dapat mengeluarkan racun lewat kulit, ginjal, dan keringat.

Kekurangan air akan mengakibatkan darah lengket dan kental, menyumbat dan meracuni sistem di dalam tubuh. Dr. Sukarliono, ahli yang mengembangkan pengobatan body and mind cleansing mengingatkan untuk keperluan detoks, air yang boleh diminum harus bebas dari bau dan tak mengandung zat polutan dan logam berat seperti kaporit dan tawas.

Bagaimana proses detoks dengan metode pembersihan usus besar? Mengapa detoks metode ini penting?

Ted H. Spence DDS,ND,PhD dalam artikelnya Detoxification Details mengatakan menjaga usus besar tetap bersih membuat pembuangan toksin bekerja lancar. Cara termudah membuat usus besar bekerja optimal dengan melakukan diet kaya serat yang terdiri dari buah-buahan, sayuran segar atau makanan berserat tinggi lain seperti Nestle Cereal.

Ekstra serat dapat membantu mempersingkat dan memperlancar kerja usus besar untuk melakukan pembuangan toksin dari tubuh. Makin banyak toksin terbuang, makin sehat pula tubuh kita.

Proses apa yang terjadi dalam metode detoksifikasi herbal?

Spence juga mengatakan, detoksifikasi herbal baik untuk pembersihan secara spesifik untuk organ tertentu, misalnya paru-paru atau ginjal. Pada herbal terdapat vitamin, mineral dan enzim yang penting bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah chamomile, licorice dan peterseli yang baik untuk hati, jahe dan rumput dandelion untuk ginjal, dan marshmallow yang baik untuk hati.

Herbal dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, bubuk atau ekstrak. Bubuk biasanya dikemas dalam kapsul agar lebih mudah ditelan. Ekstrak dapat dipilih jika memang memerlukan suatu jenis herbal tertentu. Yang paling mudah tentunya adalah teh, karena mudah dikonsumsi kapan saja. Yang perlu diingat, detoksifikasi dapat memberikan manfaat maksimal jika dibarengi dengan diet yang baik.

Apa yang dimaksud dengan detoksifikasi kulit?

Spence menyebutkan, pembersihan kulit tidak bisa dilepaskan dari program detoks, karena kulit termasuk organ yang berfungsi mengurangi toksin dengan mengeluarkan keringat. Moms yang suka bersauna boleh merasa lega. Atau cobalah resep mandi detoks dari Spence dengan berendam dalam air yang telah dicampur ½ cangkir baking soda dan ½ cangkir garam laut. Lalu, gosok dan bersihkan tubuh dengan sabun dari bahan alami. Dalam waktu singkat, air mandi Anda berubah menjadi sangat kotor, karena toksin sudah berhasil keluar dari kulit.

Ada pula yang mengatakan perlunya dilakukan detoks wajah. Proses apa yang dilakukan sih pada metode detoks wajah?

Yang pasti selain perawatan wajah sehari-hari (cleanser,toner,vitamin dan moisturizer/daycreme) serta yang rutin mingguan (scrub atau masker), wajah juga bila ingin terlihat bercahaya harus sering didetoks. Kalau dilakukan rutin, wajah akan menjadi bersih dan bercahaya.

Caranya dengan menggunakan air panas, panas-panas taruh di ember/baskom, lalu wajah yang sudah dibersihkan ditaruh kira kira 2 jengkal di atas uap air. Kemudian tutupi bagian kepala dengan handuk, tutup mata agar tak terasa perih. Setelah agak lama dan berkeringat, buka handuknya. Biarkan kira-kira 5 - 10 menit.Ulangi proses sekali lagi.

Adakah efek samping proses detoksifikasi?

Selama proses detoksifikasi berlangsung, mungkin moms akan merasa sakit kepala, tidak enak badan dan mual yang bervariasi pada tiap orang, tergantung pada berapa banyak racun yang dikeluarkan tubuh. Moms juga akan merasa lapar, karena itu carilah aktivitas lain untuk mengalihkan perhatian. (DaI/WRM)

Sumber:

Artikel dari Sahabat Nestle dan diskusi di milist wrm-indonesia.

Sumber

No comments:

Jika ada sebarang masalah, boleh hubungi ZULAIKHA 012-2604959

Borang Tempahan Produk

Name:
Email Address:
No. Telefon / Contact No.
Alamat / Address
Nama Produk dan Kuantiti / List of product and quantity
Kaedah Pembayaran / Method of Payment

1. Harga produk tidak termasuk kos pos.Harga pos bergantung pada berat produk.

2. Penghantaran akan dibuat sehari selepas tarikh pembayaran.

3. Maklumat cara pembayaran akan diberi melalui emel selepas borang tempahan ini dihantar.

4. UNTUK MEMUDAHKAN LAGI URUSAN JUAL BELI, SILA ADD SAYA DI FACEBOOK.. pekantp at gmail dot com atau hubungi 012-2604959

 


This contact form was created by Freedback.